Jumlah Masjid di Indonesia

/ admtwi

 

Ada 800 ribu masjid dan musala di Indonesia yang terdata di Dewan Masjid Indonesia (DMI), jumlah pastinya belum diketahui. Jusuf Kalla yang waktu itu menjadi Ketua DMI berkata pada suatu kesempatan, “… yang mengetahui persis ini hanya Allah saja,

Berdasarkan data yang dihimpun tersebut, ada asumsi bahwa setiap 200 orang di suatu wilayah terdapat satu masjid atau musala. Maka dari itu sering kita temukan Masjid atau Musala antara satu dengan lainnya hanya berjarak sekitar 500 m.

800 ribu masjid di Indonesia tidak semuanya berdiri di atas tanah Wakaf. Sahabat, coba geser kiri untuk lihat gambar selanjutnya, ada 44,87% penggunaan tanah Wakaf di Indonesia yang berdiri di atas tanah yang kepemilikannya diberikan kepada Allah SWT.

Dari 800 ribu masjid di Indonesia, entah ada berapa masjid yang terbangun di tanah Wakaf. Jumlah persisnya tidak bisa ditentukan dan memberi kesimpulan, Masjid di Indonesia sangatlah banyak.

Namun apakah 800 ribu masjid itu sebarannya merata? Ada wilayah terpencil yang jumlah masjidnya sedikit, ada wilayah terdampak bencana yang masjidnya rusak, dan ada wilayah ramai dilalui tapi jumlah masjid tidak mencukupi.

Sahabat siap untuk  melengkapi?

Rasul bersabda, “Barangsiapa membangun sebuah masjid karena/untuk Allah walau seukuran sarang (kandang) burung atau lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di dalam syurga.” (HR. Ibnu Majah dan al-Baihaqi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 6128)